JURNALMERDEKA.id – PANGKALPINANG. Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar acara monitoring dan evaluasi (monev) program layanan aspirasi pengaduan online masyarakat Sistem Pengaduan Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional (LAPOR SP4N) Kota Pangkalpinang Tahun 2025. Acara ini diselenggarakan sebagai langkah strategis untuk mengukur efektivitas dan mendorong perbaikan dalam pelayanan publik melalui aplikasi tersebut.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Miego, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa aplikasi LAPOR SP4N merupakan wadah penting bagi masyarakat untuk menyampaikan aduan, keluhan, atau aspirasi terkait pelayanan publik yang mereka terima.
“Harus diingat, kita tidak boleh alergi terhadap aduan masyarakat. Dalam pekerjaan pasti ada kritik dan saran dari masyarakat,” singgung Miego dengan tegas.
Menurutnya, aduan dari masyarakat justru merupakan langkah awal yang krusial dalam mendorong perbaikan untuk memastikan pelayanan publik semakin cepat dan efisien. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mudah mengakses dan mendapatkan kebutuhan mereka. Lebih lanjut, Miego menekankan bahwa masukan dan aduan masyarakat harus dijadikan sebagai bahan koreksi dan evaluasi bagi pemerintah agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.
Oleh karena itu, Sekda menghimbau kepada seluruh pegawai pemerintahan untuk dapat menjalankan aplikasi LAPOR SP4N ini dengan sebaik-baiknya. Hal ini bertujuan agar pemerintah dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, dengan harapan idealnya dapat mencapai zero pengaduan.
“Kita harus bekerja keras dalam memberikan pelayanan terbaik dan prima, karena kita adalah pelayan masyarakat. Dan jika masih terdapat aduan, setidaknya dapat mengecilkan permasalahan, terlebih kita cari penyelesaiannya,” tegas Sekda.
Selain tuntutan akan pelayanan terbaik, Miego juga menyoroti pentingnya dukungan sarana dan prasarana yang memadai di masing-masing bidang, seperti pendidikan, kesehatan, birokrasi, dan sebagainya.
“Hanya saja, dengan kondisi saat ini dimana transfer pusat ke daerah terlambat maka ini menjadi kendala. Namun demikian, kita harus tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dan saya yakin dengan kompetensi kawan-kawan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” tutup Miego, optimis terhadap kinerja para pegawainya.
Monev LAPOR SP4N ini diharapkan menjadi momentum bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk meningkatkan responsivitas dan kualitas penanganan aduan, sekaligus mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih transparan dan akuntabel.








Komentar